Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menyatakan sikap siap menjaga situasi keamanan pada saat perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2024  di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol di Gorontalo, Senin mengatakan dalam menghadapi dua momen tersebut, pihaknya telah menyiapkan personel yang bakal disebar di seluruh tempat ibadah umat Kristiani, tempat wisata hingga fasilitas umum lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat.

"Kami sudah menyiapkan personel untuk pengamanan perayaan Nataru (Natal dan tahun baru) 2023 hingga 2024 di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo," kata Kapolda.

Adapun lokasi-lokasi yang menjadi konsentrasi pengamanan pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, meliputi gereja-gereja, objek wisata, hotel, kawasan pelabuhan dan terminal.

Berdasarkan laporan Intelijen, kata Kapolda sejumlah hotel berbintang di Kota Gorontalo yang akan menggelar acara pisah sambut tahun baru, terpantau telah penuh dipesan oleh para pengunjung yang nantinya ingin merayakan malam pergantian tahun bersama keluarga.

Berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan masyarakat, kata Kapolda lagi, pihaknya telah mengimbau ke hotel-hotel untuk terlebih dahulu menyampaikan pemberitahuan atau mengurus perizinan kegiatan ke pihak Kepolisian setempat, terutama soal penggunaan petasan dan kembang api, agar nantinya kegiatan tersebut tidak dianggap ilegal atau liar hingga membahayakan warga lainnya.

"Masyarakat juga kita imbau untuk tidak menggunakan petasan pada saat perayaan nanti. Karena beberapa tahun belakangan, telah menyebabkan kecelakaan," kata Kapolda pula.

Sementara itu untuk pengawasan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru ini, pihaknya akan melakukan koordinasi atau rapat dengan Penjabat Gubernur Gorontalo dan pihak terkait lainnya.

"Mungkin ada semacam inspeksi atau operasi ke pasar-pasar dan lain sebagainya," katanya.

Ia mengatakan pada 20 Desember 2023 mulai menerjunkan personel di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, bahkan bersamaan dengan itu juga akan dibuatkan pos yang bakal
ditempati personel selama melaksanakan pengamanan.

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023