Penjabat Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sila Botutihe optimistis Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di daerah itu berjalan lancar dan kondusif.

"Kita saling berkoordinasi dan menjaga sinergi untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu di daerah ini," kata Sila selaku kepala daerah di wilayah pesisir Utara Provinsi Gorontalo tersebut, Senin.

Ia memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023 tingkat kabupaten digelar di ruang Tinepo kantor bupati.

Rakor tersebut dihadiri Ketua DPRD Deisy Sandra Maryana Datau, Sekretaris Daerah Suleman Lakoro, para asisten di pemerintahan daerah tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu kabupaten. Serta para pimpinan organisasi perangkat daerah serta camat dari 11 wilayah kecamatan.

Bupati yang baru sepekan menjabat itu mengatakan sangat meyakini jika seluruh unsur saling mendukung pelaksanaan tahapan pemilu hingga hari pemungutan suara nanti, akan mewujudkan pemilu lancar dan damai.

"Tugas saya selaku penjabat bupati untuk memastikan pelaksanaan pemilu berlangsung tertib dan aman. Tentu akan mengawalnya hingga tuntas," katanya.

Sila juga memberi perhatian kepada persoalan netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan mitigasi peredaran minuman keras yang potensial mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Pemerintah daerah akan terus meningkatkan koordinasi dengan Forkopimda dalam rangka pengawasan peredaran minuman keras mulai dari pintu masuk perbatasan hingga ke desa-desa tersebar di 11 kecamatan," katanya.

Selain itu akan memberikan ketegasan melalui Sekda selaku panglima ASN tentang netralitas dalam pemilu.

"Saya berharap kita semua dapat patuh pada regulasi maupun disiplin selaku ASN dalam menjaga netralitas dalam pemilu," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023