Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma mengatakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Bone Bolango pada 27 Januari 2024 nanti mengusung tema demokrasi berbudaya.

Ia menjelaskan pemilihan tema itu bukan suatu kebetulan, namun didasari tahun 2024 akan digelar pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) serentak.

"Dengan tema ini mari kita wujudkan demokrasi yang berbudaya. Budayanya apa, adalah mewujudkan sila Pancasila yang keempat yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan," ucap Ishak di Bone Bolango, Rabu.

Menurutnya, Pemilu Serentak tahun 2024, baik Pilpres, Pileg, bahkan Pilkada, adalah alat bagaimana mewujudkan demokrasi yang berbudaya. Olehnya itu, menurutnya, siapa pun yang menjadi presiden yang menjadi wakil rakyat dan menjadi kepala daerah, mereka itulah yang telah ditakdirkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) memimpin bangsa, memimpin daerah, dan menjadi wakil rakyat.

"Oleh karena itu selaku ASN kita tetap menjaga netralitas dan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga yang terpilih nanti adalah orang-orang yang tetap berkomitmen untuk membangun negara dan daerah ini dengan sebaik-baiknya," kata Ishak.

Pada rangkaian peringatan HUT ke-21 Kabupaten Bone Bolango tanggal 27 Januari 2024 mendatang, Pemkab Bone Bolango akan mengintervensi kurang lebih 1.612 Kepala Keluarga (KK) dari masyarakat miskin ekstrem di daerah itu.

"Insya Allah dalam rangka wujud bahagia kita memperingati HUT ke-21, kami akan mengintervensi kurang lebih 1.612 KK masyarakat miskin ekstrem. Kami akan berikan dan bawakan mereka parsel dari pemerintah daerah," katanya.

Di samping itu, kata Sekda, pada Hari Anak Yatim (HAY) dan HUT Bone Bolango Januari 2024 pemerintah akan langsung turun ke kecamatan dan desa untuk menyapa dan menyantuni anak-anak yatim.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023