Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El-Nino kepada 160 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Lapangan Kantor Camat Bone Raya.

Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di Gorontalo, Selasa, mengatakan BLT El-Nino berjumlah Rp200 ribu untuk satu bulan dan penyerahan dilakukan untuk dua bulan BLT.

Ia mengatakan BLT El-Nino ini merupakan program pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditujukan kepada warga yang terdampak ekonominya akibat El-Nino maupun musim kemarau enam bulan lalu.

“Enam bulan kemarin kita mengalami musim panas atau El-Nino, sehingga pemerintah memberikan bantuan El-Nino untuk warga yang terdampak. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban untuk membeli sembako maupun kebutuhan sehari-hari," ucap Merlan.

Bupati mengungkapkan nilai bantuan itu mungkin tidak sesuai dengan harapan, tetapi bantuan yang diberikan tersebut untuk meringankan beban masyarakat.

Karena itu ia berharap KPM bersyukur pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) karena sudah memberikan rezeki melalui program-program pemerintah yang disalurkan langsung oleh Kantor Pos.

Ia meminta seluruh tidak menggunakan bantuan tersebut untuk membeli rokok, riasan, maupun pakaian.  "Bantuan ini harus dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari, baik itu beras, ikan, dan cabai," katanya. 

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango Fredy Lasut mengungkapkan di Kecamatan Bone Raya jumlah penerima BLT El-Nino ada 160 orang.

BLT El-Nino, lanjutnya, dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak musim kemarau. Setiap KPM akan diberikan bantuan tersebut untuk dua bulan yakni bulan November dan Desember 2023.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023