Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Ketua KPU Kota Gorontalo Fadly Thaib di Gorontalo mengatakan kegiatan itu dimulai pada hari ini 3 Januari hingga 15 Januari 2024.

"Alhamdulillah hari ini kita telah melaksanakan sortir lipat terhadap surat suara, kita menggunakan tenaga kerja sebanyak 75 orang internal maupun eksternal yang kita rekrut," ucap dia.

Fadly mengungkapkan, kegiatan itu langsung diawasi langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Gorontalo dan juga kepolisian.

"Mekanisme pelipatan kita bagi dalam tujuh kelompok dan masing masing kelompok itu diwakili oleh sekretariat KPU, sehingga proses sortir lipat ini dapat kita kontrol dengan baik oleh sekretariat KPU," kata dia.

Ia menjelaskan, dalam satu kelompok petugas sortir dan lipat mencapai sembilan orang, namun tidak merata karena jumlahnya ada 75 orang.

"Target surat suara per hari ada 711 lembar untuk masing-masing orang. Karena kita hanya menjadwalkan ini untuk 14 hari ke depan. Total surat suara yang ada 746.125  dan terbagi dalam 1.119 kotak," ujar Ketua KPU Kota Gorontalo.

Fadly mengatakan, sejauh ini kondisi surat suara yang diterima itu cukup baik, tapi ada beberapa lembar yang memiliki bercak noda, tapi dalam dapat digunakan karena tidak terdapat di nama atau lambang partai politik.

"Belum ada yang sobek, belum ada yang tercoblos dan kemudian ini masih dalam keadaan rapi semua, hanya ada bercak-bercak sedikit dalam surat suara. Ya kalau ditemukan rusak atau robek maka akan diganti oleh penyedia," kata dia, lagi.
 
Sejumlah pekerja melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024