Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo memperketat pengamanan  kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang kini sedang berlangsung pelipatan surat suara Pemilu 2024.
 
"Kita perketat pengamanan di wilayah pesisir untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu," kata Kapolres Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan di Gorontalo, Jumat.
 
Andik turun langsung memantau untuk memastikan proses pelipatan surat suara berlangsung aman dan lancar.
 
"Kegiatan pengamanan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi Gorontalo, DPR RI, DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024," katanya.
 
Pihaknya juga memastikan seluruh petugas yang terlibat, baik pihak KPU setempat hingga petugas pelipat surat suara dapat melaksanakan tugas dengan baik, aman dan lancar.
 
"Kami pastikan seluruh kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa kendala, termasuk memastikan personel pengamanan yang ditempatkan benar-benar bertanggungjawab penuh dalam melaksanakan tugas yang diemban, serta melaksanakan kegiatan pengamanan di kantor KPU selama 24 jam penuh," katanya.
 
Ketua KPU Gorontalo Utara Munawir Ismail mengatakan tata tertib pelaksanaan sortir lipat surat suara pemilihan umum (pemilu) Tahun 2024, di antaranya petugas sortir dan lipat wajib memakai tanda pengenal yang telah ditentukan.
 
Mereka wajib hadir di tempat penyortiran dan pelipatan surat suara 15 menit sebelum jam kerja. Dengan ketentuan waktu masuk kerja jam 08.00 WITA hingga 17.00 WITA.
 
Beberapa larangan pun di antaranya dilarang membawa tas, telefon genggam, kamera, korek api, senjata tajam dan barang berbahaya lainnya di ruang sortir dan lipat.
 
Mereka juga dilarang membawa makanan dan minuman di ruang sortir dan lipat. Serta dilarang makan, minum dan merokok di ruang sortir dan lipat.
 
Penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu dilaksanakan oleh 130 orang tenaga penyortiran yang dibagi menjadi beberapa kelompok.
 
Mereka kata Munawir akan melewati pemeriksaan badan sebelum memasuki tempat pelipatan surat suara sebanyak 461.320 lembar di tambah dua persen. Dengan jumlah kotak suara mencapai total 2.086.


"Kami mengapresiasi atas pengamanan yang dilakukan pihak Polres Gorontalo Utara demi kelancaran tahapan pelipatan surat suara untuk suksesnya pemilu di daerah ini," katanya.***
Kapolres Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan bersama Ketua KPU Kabupaten Munawir Ismail saat tatap muka langsung dengan para petugas penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu Tahun 2024 di kantor KPU di Desa Bulalo Kecamatan Kwandang. (ANTARA/HO-Humas Polres)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024