Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menyiapkan program kerja penurunan angka kemiskinan dan tengkes pada sisa masa jabatan tahun 2024 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Ini program besar yang akan kami kerjakan ke depan bersama organisasi perangkat daerah di tengah keterbatasan anggaran," ucap Merlan Uloli di Gorontalo, Selasa.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa persentase penduduk miskin di wilayah Kabupaten Bone Bolango mengalami penurunan dari 16,05 persen tahun 2022 menjadi 15,51 persen pada tahun 2023.

"Pekerjaan kami itu bagaimana untuk menuntaskan kemiskinan dan menurunkan tengkes. Ini program nasional yang harus kita tuntaskan," ujarnya. 

Merlan yang baru dilantik menjadi Bupati Bone Bolango definitif pada 15 Januari 2024 itu ingin pada tahun ini kemiskinan ekstrem di daerah itu turun hingga 0 persen.

Walaupun Pemkab Bone Bolango hanya memiliki anggaran yang terbatas, kata dia, namun program yang dijalankan tetap menyasar keluarga miskin dan tengkes, seperti Program Kolam Kebun dan Kandang (Kakanda), pasar murah, sembako murah, bantuan langsung tunai, bantuan pangan non-tunai, dan lainnya.

"Butuh kecermatan dari camat dan kepala desa untuk memprioritaskan program bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Merlan mengungkapkan ia telah mengumpulkan seluruh camat dan kepala desa untuk bersama-sama membahas anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat desa untuk program penurunan angka kemiskinan dan tengkes.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024