Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menjalankan program inovasi pelayanan disabilitas yang merupakan pendampingan layanan bagi peserta didik penyandang disabilitas atau peserta didik berkebutuhan khusus.

Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di Gorontalo, Sabtu mengatakan inovasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango itu merupakan wujud perhatian pemerintah daerah terhadap penyandang disabilitas di daerah tersebut.

"Inovasi ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah, karena bermanfaat dan berdampak bagi mereka para penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Saya berharap ini bisa mendapatkan perhatian dan menjadi pemenang dalam Anugerah ASN Tahun 2023 KemenPANRB," ucap Merlan.

Merlan mengungkapkan sebagai Bupati, dirinya berkomitmen terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Bone Bolango.

Ia juga merasa bangga memberikan testimoni mengenai transformasi pendidikan khusus di satuan pendidikan reguler di Kabupaten Bone Bolango.

Ia mengatakan pada tahun 2023, Kepala Bidang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Andres Akaseh membuat inovasi perubahan dalam pendidikan inklusif dan pihaknya telah menyaksikan perubahan yang signifikan terhadap transformasi pendidikan khusus di daerah itu.

Transformasi tersebut, ujarnya dalam memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua anak-anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Melalui inovasi dan kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, masyarakat, dan perguruan tinggi serta Kemendikbud Ristek RI.

Kata Merlan, ia telah menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) tentang sekolah inklusif yang merupakan kado awal tahun 2024 kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango.

Hal ini untuk mengakomodasi peserta didik penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus untuk memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak mencapai visi Indonesia Emas 2045, yakni mewujudkan generasi anak bangsa sebagai generasi yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024