Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo dan Bank SulutGo (BSG) menjalin kerja sama tata kelola keuangan daerah yang baik dan transparan di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Melalui rilis yang diterima ANTARA di Gorontalo, kerja sama itu mencakup pengelolaan dan penyimpanan rekening kas umum daerah, penggunaan kartu kredit pemerintah, serta layanan pembayaran gaji dan tunjangan lainnya untuk aparatur sipil negara (ASN).

Direktur Utama Bank SulutGo Revino Pepah mengatakan dengan adanya kerjasama, BSG akan bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengelolaan rekening kas umum Daerah, yang diharapkan akan mempercepat proses transaksi keuangan daerah dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan kas.

"Selain itu juga, penggunaan kartu kredit pemerintah juga akan diatur dalam perjanjian ini," kata dia.

Pemkab Gorontalo bekerja sama dengan BSG untuk memastikan penggunaan kartu kredit pemerintah sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, serta untuk memantau dan melacak setiap transaksi yang dilakukan.

Untuk layanan pembayaran gaji dan tunjangan lainnya untuk ASN), Revino menjelaskan bahwa dengan adanya kerja sama, diharapkan proses pembayaran gaji dan tunjangan ASN dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat waktu, meningkatkan kesejahteraan serta kepuasan ASN dalam menerima hak-haknya.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyatakan bahwa kerja sama itu merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Gorontalo dalam meningkatkan tata kelola keuangan yang baik dan transparan.

Ia juga mengungkapkan harapannya bahwa kerjasama itu akan menjadi landasan kuat bagi terwujudnya pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berdaya saing.

"Saya berharap melalui perjanjian dan kerja sama ini bukan hanya sekadar kesepakatan formal, namun merupakan langkah konkret dalam mewujudkan visi pembangunan daerah yang lebih baik," ucap Nelson.

Nelson menambahkan, dengan kolaborasi yang erat antara sektor publik dan sektor perbankan, diharapkan dapat tercipta sinergi yang menguntungkan bagi masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024