Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo terus meningkatkan penyediaan layanan jaringan nirkabel atau wifi bagi masyarakat (publik) di daerah tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bone Bolango Misnawaty Wantogia di Gorontalo Rabu mengatakan, penyediaan wifi bagi publik itu merupakan layanan infrastruktur dasar masyarakat dalam hal pemenuhan jaringan internet.

"Kami ingin memberikan kualitas jaringan untuk meminimalisasi keluhan dan aduan dari masyarakat," katanya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Kominfo Kabupaten Bone Bolango menggandeng PT Andalas Global Network (AGN) untuk penyediaan wifi publik tahun 2024.

"Kita harus membangun komitmen dan mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas jaringan. Ini merupakan infrastruktur dasar masyarakat dan juga ini sarat dengan keluhan dan pengaduan," katanya.

Misnawaty berharap tim dari PT AGN untuk dapat merespon komitmen itu dengan baik, dan dapat menyediakan data pengguna masyarakat untuk memastikan wifi tersebut benar digunakan oleh publik serta untuk memperkuat ketika dilaksanakan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Gorontalo.

Pemilik PT Andalas Global Network Rizan Mahmud berkomitmen untuk terus membangun teknologi informasi di Bone Bolango.

"Kinerja kita harus maksimal untuk membangun hingga ke pelosok, walaupun anggarannya tiap tahun mengalami penurunan tapi tidak menyusutkan semangat kami," kata Rizan.

Rizan mengungkapkan, dalam kontrak kinerja tersebut tercantum 100 titik penyediaan wifi publik dan internet yang masuk di Dinas Kominfo Bone Bolango. Namun demikian, jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan bisa bertambah.

Ia mengungkapkan, penyediaan wifi publik di Bone Bolango mendapat respon yang sangat baik dari Kementerian dan daerah lain, di mana jaringan tersebut menjangkau hingga para penjual ikan dan sayur.

Sementara itu, Kepala Bidang Informatika Diskominfo Bone Bolango, Slamet Warjoko Hulopi menuturkan, anggaran kerja sama untuk penyediaan wifi publik dengan PT Andalas Global Network itu sebesar Rp650 Juta, dengan pengusulan awal sebesar Rp1 miliar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024