Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sila Botutihe meninjau tempat pemungutan suara (TPS) di desa rawan banjir di antaranya di Desa Milango dan Bubode Kecamatan Tomilito yang ada di Wilayah Timur kabupaten tersebut.

"Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemilihan umum di daerah ini, pemerintah daerah wajib memastikan seluruh komponen pendukung dapat optimal. Khususnya lokasi TPS mengingat beberapa desa di daerah ini tergolong rawan banjir. Saya mengunjungi desa-desa tersebut untuk memastikan pemilihan lokasi TPS tepat mengingat saat ini cuaca ekstrem sementara melanda wilayah ini," kata Sila di Gorontalo, Senin.

Ia mengatakan sepanjang Senin (12/2) daerah tersebut diguyur hujan lebat dari intensitas sedang hingga tinggi.

Olehnya Sila meminta seluruh aparat di tingkat kecamatan dan desa untuk siap siaga manakala diminta bantuan oleh penyelenggara pemilu untuk mengantisipasi gangguan cuaca yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024.

Koordinasi lintas sektor terus dioptimalkan agar proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar.

Kunjungan itu kata dia, juga menjadi mitigasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan pemilu di Wilayah pesisir tersebut.

Pemerintah daerah membagi tim dalam melakukan kunjungan di TPS yang berada di daerah rawan banjir.

"Ini kami lakukan sebagai tindak lanjut dari pertemuan dengan Gubernur Gorontalo dan Forkopimda pada rapat koordinasi diperluas yang dilakukan di tingkat provinsi maupun kabupaten dalam kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di daerah ini," katanya.

Ia berharap pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan kondusif, serta dampak cuaca buruk dapat diantisipasi sedini mungkin dengan meminta pihak Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di 123 desa tersebar di 11 kecamatan untuk tidak membangun TPS di lokasi rawan tergenang air (banjir), rawan longsor dan rawan roboh akibat terjangan angin kencang.

Dalam kunjungan itu, Sila didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di antaranya Dandim 1314 dan Wakapolres Gorontalo Utara.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024