Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sofyan Jakfar memastikan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di daerah itu bekerja profesional.

"Kami penyelenggara seluruhnya dari pusat hingga panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) bekerja profesional melaksanakan pemilu khususnya di daerah ini. Kami harap tidak ada keraguan terhadap kerja keras seluruh penyelenggara termasuk di daerah ini," kata Sofyan di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya telah berhasil mendistribusikan logistik di seluruh Wilayah tersebut, selama dua hari distribusi dilakukan di 11 kecamatan baik di wilayah terjauh atau perbatasan, kepulauan maupun pusat ibu kota kabupaten.

Total sebanyak 2.060 kotak logistik yang didistribusikan ke 123 desa untuk 412 tempat pemungutan suara (TPS).

"Seluruhnya bergeser dari kantor KPU ke kantor-kantor desa. Termasuk di Wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan yang disalurkan langsung ke desa-desa. Alhamdulillah cuaca pagi ini sangat mendukung proses distribusi tersebut," kata Sofyan.

Ia mengatakan pihaknya terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di hari pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024.

Termasuk meminta dukungan pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat menggunakan hak suara.

"Kami berharap dukungan dari kepala desa dan kepala dusun untuk mengajak dan mendorong partisipasi masyarakat di hari pemungutan suara," katanya.

Partisipasi masyarakat di Gorontalo Utara pada Pemilu Tahun 2019 lalu mencapai 89 persen.

"Kami berharap pada Pemilu Tahun 2024 ini bisa naik atau melampaui 90 persen partisipasi masyarakat dari total 92.264 wajib pilih ," kata Sofyan.*** 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024