Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo berhasil menuntaskan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kepulauan.

"Alhamdulillah cuaca hari ini sangat bersahabat sehingga kami berhasil menuntaskan distribusi logistik di Wilayah Kepulauan, yaitu, Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek," kata Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, distribusi logistik dilakukan dengan menyeberang laut menggunakan armada taksi perahu yang langsung diantar ke setiap desa.

"Ada empat desa di Kecamatan Ponelo Kepulauan, yaitu Desa Tihengo, Otiola, Ponelo dan Malambe dengan total mencapai 14 TPS. Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 3.064 wajib pilih," kata Sofyan.

Khusus untuk Pulau Dudepo yang berstatus satu desa di Kecamatan Anggrek, sebanyak enam kotak logistik berhasil disalurkan dengan pengawalan ekstra mengingat kondisi laut yang bergelombang dan berangin kencang.

Sofyan mengatakan, sebanyak enam TPS di Pulau Dudepo, dengan jumlah DPT sebanyak 925 orang.

Seluruh logistik diinapkan di kantor desa sebelum bergeser ke seluruh TPS, dengan penjagaan ketat pihak Kepolisian dan TNI, didukung Linmas dan aparat desa serta pengawasan pihak Bawaslu.

"Kami berharap rampung-nya distribusi logistik ini, menandakan kesiapan penyelenggaraan pemilu di Wilayah Kepulauan. Disamping upaya bersama yang terus dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat menggunakan hak suaranya di hari pemungutan suara pada Rabu 14 Februari 2024," kata Sofyan.

Ia berharap seluruh masyarakat dapat bekerja sama saling mengajak untuk datang ke TPS menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara lima tahunan ini.***
Pendistribusian logistik Pemilu Serentak Tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di Wilayah Kepulauan Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, pada Selasa (13/2). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024