Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango meluncurkan Kantin Ramadhan 1445 Hijriah melalui program kredit mikro (microfinance) untuk membantu para pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usaha.

Ketua Baznas Kabupaten Bone Bolango Faisal Hasim Pakaya di Gorontalo, Rabu mengatakan program kredit mikro program merupakan program pembiayaan produktif ke para mustahik dengan prinsip non profit dalam rangka pengembangan usaha.

"Untuk perdana kami coba luncurkan program ini di Kabupaten Bone Bolango di Masjid Nida’ul Khairaat Kelurahan Pauwo, Kecamatan Kabila," ucap dia.

Faisal menjelaskan, para mustahik yang ingin meminjam melalui program tersebut, telah diserahkan ke badan takmirul masjid sebesar Rp8 juta.

"Pastinya program kredit mikro ini dipinjamkan tanpa bunga," kata Faisal Hasim Pakaya.

Faisal mengungkapkan nantinya mereka para mustahik yang akan meminjam di kredit mikro
ini hanya mengembalikan modal dan dikembalikan ke badan takmirul masjid sebagai pengelola nya.

"Kredit mikro ini nantinya akan menjadi dana perkumpulan dan itu bisa digulirkan ke tempat lain. Adapun komitmennya tergantung badan takmirul masjid maupun pengelola," ujar dia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango Samsia Melu mengaku bersyukur Baznas Bone Bolango telah banyak membantu masyarakat melalui berbagai program bantuan. Salah satunya melalui program kredit mikro yang ditandai dengan peluncuran Kantin Ramadhan.

"Kami berharap kantin ini jangan hanya sampai pada bulan Ramadhan saja, tetapi kantin akan berjalan terus dengan harapan ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga, khususnya masyarakat di Kelurahan Pauwo," harap Samsia Melu.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024