Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 79 ekor sapi milik warga di Desa Tabumela, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, diberi vitamin dan disuntik vaksin anti antraks.

Pemberian vitamin dan vaksin tersebut merupakan langkah pencegah penyebaran virus antraks yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo, Minggu.

Belasan warga pemilik sapi terlihat sangat antusias dan beramai-ramai membawa sapi ternak miliknya untuk divaksin dan diberi vitamin.

Dokter hewan Asrieana Dunggio dari Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo, mengatakan hingga saat ini kurang lebih telah 1.000 ekor sapi telah diberi vitamin dan vaksin.

"Sapi di Desa Tabumela hingga saat ini belum ada laporan terdapat sapi sakit ataupun mati karena antraks, namun kegiatan ini merupakan langkah pencegahannya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) kabupaten Gorontalo, mengatakan masih banyak lokasi yang akan di datangi oleh petugas kesehatan hewan untuk melakukan vaksinasi.

"Sejak minggu lalu, tim dokter hewan DKPP telah melakukan pengobatan kepada sapi yang sakit dan melakukan vaksinasi kepada sapi sehat agar kebal terhadap penyakit, salah satunya anthrax," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016