Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo mengimbau warga di seluruh Provinsi Gorontalo untuk selalu tertib berlalu lintas saat perayaan hari ke tujuh Idul Fitri atau lebaran ketupat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Gorontalo Kombes Pol. Desmont Harjendro di Gorontalo, Senin mengatakan setiap kali perayaan lebaran ketupat, terjadi peningkatan jumlah pengguna jalan yang berpotensi menimbulkan sumbatan arus lalu lintas.

"Pada perayaan lebaran ketupat nanti, masyarakat diimbau tetap tertib lalu lintas, utamanya tidak parkir kendaraan di bahu maupun badan jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan," katanya.

Pihaknya memprediksi bahwa pada perayaan lebaran ketupat yang jatuh pada Rabu (17/04) nanti, akan terjadi kepadatan kendaraan di sejumlah titik khususnya di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Belajar dari perayaan lebaran ketupat pada tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan kepadatan kendaraan akan terjadi di beberapa titik mulai dari pagi hingga malam hari.

Kepolisian akan mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait lainnya untuk melakukan rekayasa lalu lintas hingga mempersiapkan langkah yang akan dilakukan untuk menjamin kelancaran perayaan lebaran ketupat 2024 di Gorontalo.

Kabid Humas meminta kepedulian masyarakat khususnya para pengendara sebab perhatian mereka terhadap imbauan yang disampaikan menjadi salah satu hal penting yang dapat menjamin kelancaran arus lalu lintas.

"Bagi pengendara diimbau untuk tidak parkir di tepi jalan, carilah lokasi parkir seperti halaman rumah atau tempat aman yang memungkinkan tidak dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas," kata Kabid Humas.

Selain itu bagi warga yang akan bepergian merayakan lebaran ketupat khususnya di wilayah Kabupaten Gorontalo, diimbau untuk memperhatikan informasi jalur lalu lintas yang telah diatur dan dibagikan oleh Bidang Humas, Direktorat Lantas Polda Gorontalo hingga Polres jajaran lewat akun media sosial.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024