Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango pada tahun 2024 siap mengembangkan atraksi, amenitas, akses dan sarana objek wisata Danau Perintis di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango Yudiawan Maksum, Senin mengatakan saat ini pengunjung objek wisata itu terus bertambah dan pada triwulan pertama 2024 telah mencapai 106.560 orang.

"Yang akan kita tambahkan yaitu lokasi kuliner berstandar nasional dan penambahan kincir angin serta dua dermaga, seperti yang sudah ada saat ini," ucap dia.

Selanjutnya penambahan kapal yang dapat mengangkut hingga 20 orang untuk berkeliling di semua sisi danau, serta penginapan dan kafe.

Yudiawan menjelaskan, untuk fasilitas penunjang, Dinas Pariwisata telah merencanakan pembangunan dan penambahan toilet. Dan untuk lokasi parkir akan dipasang portal untuk rasa aman dan kenyamanan pengunjung.

"Danau Perintis ini merupakan destinasi yang menjadi tujuan wisatawan untuk duduk lama dan menikmati pemandangan, menikmati senja dan kuliner," kata dia.

Ia berharap objek wisata itu dapat menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo.

"Semoga Danau Perintis memberikan peluang kepada masyarakat, siapa saja yang ingin melakukan aktivitas industri pariwisata, misalnya ada penginapan, kuliner, pusat suvenir untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat," harap dia.

Yudiawan menambahkan, dengan anggaran yang terbatas, maka kerja sama dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk pengembangan objek wisata yang memiliki pemandangan perbukitan hijau, wahana sepeda air hingga kapal tembaga tersebut.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024