Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) meraih juara umum pada Pekan Seni Mahasiswa tingkat Universitas (Peksimitas) tahun 2024.

Wakil Dekan III FSB Herson Kadir, Jumat, mengatakan perwakilan dari Fakultas Sastra dan Budaya memperoleh juara pertama pada tujuh lomba yang ada dan dua lomba memperoleh juara dua, sehingga membuat FSB menjadi juara umum Peksimitas.

"Kejuaraan yang diraih oleh FSB yakni juara 1 penulis cerpen, penulisan puisi, pop putra, keroncong, monolog, seriosa, dan penulisan lakon, sedangkan lomba puisi mendapatkan juara dua untuk kategori putra dan putri," ucap dia.

Ia mengatakan dua peserta tari dari FSB akan mewakili Universitas Negeri Gorontalo ke tingkat nasional, yakni Gina dan Fahrurrozy.

Menurut Herson, keberhasilan tersebut merupakan upaya dan usaha semua pihak baik pihak peserta, dosen pembimbing, pimpinan fakultas maupun pelatih mahasiswa FSB sehingga mereka mendapatkan hasil yang terbaik.

Ia mengatakan peserta yang mendapatkan juara akan melakukan pelatihan selama dua bulan untuk persiapan ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2024.

Ia berharap peserta yang melakukan karantina, bisa menjaga kesehatan dan melaksanakan pelatihan untuk persiapan ke tingkat nasional dan berharap bisa meraih kembali juara 1 dan 2 di tingkat nasional

Dekan Fakultas Sastra dan Budaya Nonny Basalama mengapresiasi peserta yang mendapatkan juara dan prestasi yang merupakan hasil kerja keras peserta.

"Ini juga merupakan kerja keras dan pendampingan bapak ibu dosen dan pak wakil dekan III FSB, serta bapak ibu dosen pembimbing tiap cabang lomba," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024