Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penandatanganan dilakukan Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin dan Kapolda Irjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi pada rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Diperluas, berlangsung di rumah jabatan gubernur di Gorontalo, Senin.

"Seperti yang ditekankan oleh Mendagri saat pelantikan, tugas besar kami adalah menjaga kondusif-nya daerah saat Pilkada. Juga pesan Pak Penjabat Gubernur sebelumnya Ismail Pakakaya untuk tetap menjaga sinergi baik kami pemerintah, Forkopimda, serta pemangku kepentingan lainnya di provinsi dan kabupaten/kota agar terus ditingkatkan," kata Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin.

Rudy Salahuddin baru saja dilantik menjadi Penjabat Gubernur Gorontalo. Ia menilai kesuksesan yang dilakukan oleh jajaran Forkopimda dalam rangka pilpres dan pileg pada Februari 2024, menjadi acuan ke depan.

Karena itu,  pihaknya menaruh harapan besar agar pelaksanaan Pilkada juga dapat berjalan sukses, aman dan lancar di November 2024.

Tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 telah diluncurkan oleh KPU Provinsi Gorontalo pada 2 Mei 2024.

Peluncuran tahapan pilkada tersebut juga ditandai dengan pemilihan maskot Pilkada KPU Provinsi Gorontalo yakni ikan hiu paus.

Selain itu, dana hibah senilai Rp7,7 miliar telah dianggarkan melalui dana APBD diperuntukkan mendukung pengamanan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Gorontalo pada 2024 agar berjalan aman, lancar dan kondusif.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024