Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Gorontalo bersama Kementerian Agama menggelar pembinaan kepribadian anak binaan pemasyarakatan yaitu pelatihan penyembelihan hewan kurban di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Kepala LPKA Irfan Ibrahim Sofan mengatakan, pelatihan itu dilakukan seiring momen Idul Adha untuk memberikan keterampilan yang bermanfaat bagi 13 orang anak binaan di LPKA.

"Ini sangat bermanfaat, agar mereka nanti kembali ke masyarakat, ke keluarga mempunyai skill atau keahlian dalam penyembelihan hewan kurban," ucap Irfan.

Ia mengatakan, di LPKA Gorontalo para anak binaan terus diberikan kegiatan positif, bermanfaat melalui pembinaan seperti pendidikan formal dan informal, keagamaan.

"Banyak kegiatan LPKA yang bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Wahdah Islamiyah untuk pendekatan kualitas bagi anak binaan di LPKA," kata dia.


Pelatihan itu kata dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembinaan bagi anak binaan serta sarana evaluasi keberhasilan program pembinaan.

"Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari, mulai 5 hingga 7 Juni 2024," kata Kepala LPKA Gorontalo.

Sementara itu, penyuluhan dari Kementerian Agama Kota Gorontalo Yunus Nawai mengatakan kegiatan itu sangat baik dan strategis dalam memberikan pengajaran kepada anak anak binaan.

"Dari aspek keterampilan penyembelihan hewan kurban ini memang perlu regenerasi," kata dia.

Menurut dia, dengan pelatihan itu maka di Gorontalo tidak akan kekurangan sumber daya manusia penyembelih hewan kurban.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024