Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pelatihan pembuatan gula-gula soba dan gula aren di Kampung Zakat Desa Bonuo, Kecamatan Bulango Utara.

Ketua Baznas Kabupaten Bone Bolango Faisal Hasyim Pakaya, Sabtu mengatakan kegiatan itu diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Bulango Utara dan Kecamatan Bulango Ulu.

"Pelatihan ini juga melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango. Insya Allah akan menyusul OPD lain, karena program Kampung Zakat ini adalah program kolaborasi," ucap dia.

Faisal ingin melalui pelatihan itu akan lahir 30 orang pengusaha gula-gula soba atau permen guldari Kampung Zakat Desa Bunuo, sehingga pelatihan tersebut dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

"Kita mendapat instruktur yang kompeten dan sudah lama menjalankan usaha gula-gula soba dengan omset ratusan juta," kata dia.

Pelatihan tersebut kata Faisal, menghadirkan narasumber dari PT. Fitrah Gemilang terkait dengan pembuatan gula-gula soba dan dari Baznas Kabupaten Bone Bolango terkait dengan akuntansi sederhana.

"Intinya setelah pelatihan ini harus segera membuat untuk pemasaran. Kami akan bantu termasuk dibantu oleh Dinas Perindag dan narasumber sebagai pemilik PT. Fitrah Gemilang," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Bone Bolango Mesalina Vivi Saputra, mengapresiasi Baznas Bone Bolango bekerja sama dengan Kemenag melaksanakan pelatihan tersebut.

"Kehadiran kami di kegiatan ini adalah dalam rangka program berkelanjutan. Sebab, mereka masyarakat di Desa Bunuo setelah diberikan pelatihan. Kemudian mereka mahir dan tahu cara membuat gula-gula soba, lalu kemana mereka akan mempromosikan dan menjual hasil usaha mereka. Tentu mereka butuh pendampingan, makanya kami dari Dinas Perindag hadir," ujar Mesalina Vivi Saputra.

Dinas Perindag akan mendampingi dari segi pengemasan produk dan memfasilitasi Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024