Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Partai Hanura Kabupaten Bone Bolango, melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), karena meloloskan usulan calon anggota legislatif (Caleg) salah satu partai yang tidak memenuhi syarat.

Ketua DPC Partai Hanura Bone Bolango, Nandjaya Hulopi, Senin, mengatakan, pihaknya telah mengantar langsung surat atau laporan yang dimaksud ke DKPP di Jakarta beberapa hari lalu.

Dalam surat itu, pihaknya melaporkan dugaan pelanggaran KPU Bone Bolango karena meloloskan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

"KPU Bone Bolango sengaja meloloskan PKPI yang tidak memenuhi syarat 30 persen keterwakilan perempuan, seperti yang ditegaskan dalam persyaratan pencalonan caleg," kata Nandjaya.

Nandjaya menambahkan, sikap Hanura yang menggugat KPU itu semata-mata bertujuan untuk tegakknya demokrasi di Kabupaten Bone Bolango.

Sebab, jika hal tersebut terus dibiarkan maka dipastikan demokrasi yang berjalan di Kabupaten Bone Bolango akan mengalami cacat.

"Kita tidak ingin demokrasi di daerah ini rusak hanya karena satu partai yang tidak memenuhi syarat, tapi tetap diloloskan oleh KPU," ujar Nandjaya.

Sementara itu saat akan dikonfirmasi, Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur, sedang tidak bisa temui atau dihubungi.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013