Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi terkait penetapan tahapan persiapan perbaikan Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo daerah pemilihan (dapil) 6 Gorontalo dalam Pemilihan Umum 2024.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Divisi Teknis Penyelenggaraan Hendrik Imran di Gorontalo, Jumat, mengatakan partai yang belum memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen diminta untuk segera memperbaiki pemenuhan kuota tersebut.

"Kami memberi waktu tiga hari untuk memperbaiki administrasi dokumen bagi lima partai tersebut agar segera memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan," katanya.

Ia juga menjelaskan beberapa tahap persiapan pemungutan suara ulang (PSU) yaitu pertama, penyusunan anggaran tahapan dan jadwal PSU pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang dilakukan lima hari dari tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2024.

Kedua, perbaikan daftar calon yang terdiri atas penyampaian dokumen bukti pengumuman status calon yang dilakukan lima hari dari tanggal 19 Juni hingga 21 Juni 2024.

Dilanjutkan dengan verifikasi administrasi tanggal 21 hingga 25 Juni 2024. Kemudian penetapan perubahan Daftar Calon Terpilih (DCT) yang akan dilakukan pada tanggal 25 hingga 27 Juni 2024 berlangsung selama tiga hari dan pengumuman perubahan DCT pada tanggal 27 Juni 2024.

Terakhir kata Hendrik yaitu pembentukan penyelenggara PSU dari tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2024.

Ia mengatakan bahwa PSU di dapil 6 Kabupaten Boalemo dan Pohuwato akan dilakukan pada Sabtu, 13 Juli 2024, mengingat di hari tersebut adalah hari libur.

"Kami memilih hari Sabtu, karena hari libur dimana tidak ada aktivitas seperti ibadah besar dan kegiatan besar lainnya," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024