Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pemilihan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 untuk DPRD Provinsi di daerah pemilihan "Gorontalo 6" yakni Boalemo dan Pohuwato.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli di Gorontalo, Minggu malam, mengatakan pihaknya melakukan pengawasan melekat agar PSU berlangsung sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pelaksanaan PSU ini dihasilkan dari fokus pengawasan melekat, baik pengawasan di lapangan maupun dalam pemenuhan syarat administrasi oleh peserta pemilu," katanya.

Bawaslu berharap, dalam PSU seluruh peserta pemilu (partai politik maupun calon anggota DPRD) agar memahami seluruh aturan yang berlaku. Seperti tidak ada masa kampanye jelang pemungutan suara ulang.

"Kami pastikan pengawasan juga dilakukan bekerja sama dengan pihak kepolisian maupun dukungan pengawas partisipatif yaitu seluruh masyarakat. Dengan harapan tidak ada pelanggaran ditemukan maupun dilaporkan terjadi pada pelaksanaan PSU, sehingga Wilayah Boalemo dan Pohuwato tetap kondusif dan keamanan terjaga hingga usai penetapan hasil pemungutan suara," kata Idris pula.

Selain itu, pihaknya juga telah mengawasi proses penetapan daftar calon tetap (DCT) partai politik dalam memenuhi keterwakilan kuota 30 persen.

Pengawasan pun melekat dilakukan melalui patroli pengawasan yang berlangsung setiap hari di seluruh posko yang telah ditetapkan dan secara keseluruhan di dua Wilayah kabupaten tersebut.

"Kami berharap seluruh calon anggota DPRD Provinsi Gorontalo di daerah pemilihan Gorontalo enam ini, dapat menahan diri untuk tidak berkampanye mengingat tidak ada masa kampanye dalam PSU. Semua pihak diharapkan dapat mengawasi proses pemungutan suara ulang agar berjalan aman, kondusif dan tidak ditemukan maupun dilaporkan pelanggaran dalam bentuk apapun. Serta memastikan tidak ada politik uang," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024