Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Gorontalo, menggelar nonton bareng bersama 700 mahasiswa dan pelajar, 700 tenaga pendidik kependidikan serta 700 orang tua/wali murid dan pemerintah daerah, di gedung Kasmat Lahay Limboto.

Kepala Diknas setempat, John Rahman, Minggu, mengatakan, nonton bareng yang juga diikuti bupati David Bobihoe Akib ini, untuk memperkuat nilai budaya bangsa dan karakter generasi muda di daerah tersebut.

Serta upaya menerapkan pendidikan berkarakter yang akan membentuk kualitas sumber daya manusia berilmu pengetahuan dan keimanan tinggi.

Pemerintah daerah kata John, akan mengintensifkan pemutaran film inspiratif yang akan membentuk mental generasi muda, sebagai persemaian nilai budaya yang akan menguatkan karakter bangsa.

Kegiatan yang diprakarsai Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menggalakkan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Bupati David Bobihoe Akib, mengakui kegiatan ini merupakan metode efektif untuk membangun karakter masyarakat, terutama anak-anak dengan mencoba memberikan metode belajar yang menyenangkan bagi mereka.

Sedangkan untuk para guru, akan membuka cakrawala dan mendapatkan metode pembelajaran baru lewat film dan diskusi.

Bupati menambahkan, program persemaian budaya sangat besar pengaruhnya dalam pengembangan nilai budaya dan edukasi di daerah, khususnya pengembangan nilai budaya dalam 18 nilai karakter bangsa.

Sehingga menjadi acuan sikap positif yang diharapkan tumbuh pada perilaku anak-anak bangsa melalui media film. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013