Senator AS Cynthia Lummis akan segera memperkenalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk menerapkan program pembelian Bitcoin satu juta unit untuk jangka waktu tertentu.

Menurut pernyataan seperti yang dilaporkan Anadolu pada Minggu, usulan Lummis bertujuan untuk mendongkrak dolar AS dengan membentuk cadangan Bitcoin yang strategis guna memperkuat dolar terhadap inflasi yang meningkat.

Tujuan lainnya adalah memperkuat kepemimpinan AS dalam sistem keuangan global yang berkembang pesat.

“Membentuk cadangan Bitcoin yang strategis akan mengamankan posisi dolar sebagai mata uang cadangan dunia hingga abad ke-21 dan memastikan kita tetap menjadi pemimpin dunia dalam inovasi keuangan,” kata Senator AS Cynthia Lummis.

Merujuk pada harga Bitcoin saat ini, maka program tersebut bernilai lebih dari 68 miliar dolar AS (Rp1.108 triliun).

Kendati demikian, Senator Partai Republik dari negara bagian Wyoming itu mengatakan program usulannya itu akan berupaya mengakuisisi total kepemilikan sekitar 5 persen dari total pasokan Bitcoin.

Hal tersebut, dinilai Lummis, mencerminkan besarnya cadangan emas yang dimiliki oleh AS.

Dia menuturkan bahwa keluarga di Wyoming dan AS tengah berjuang untuk mengimbangi laju inflasi yang melonjak dan biaya-biaya yang memecahkan rekor, sementara utang nasional mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kini lebih dari sebelumnya, kita perlu menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi Amerika dengan melakukan diversifikasi ke Bitcoin dan mengamankan masa depan ekonomi kita," ungkapnya.
 

RUU itu juga mencakup pembentukan jaringan brankas Bitcoin terdesentralisasi yang aman dan dioperasikan oleh Departemen Keuangan dengan persyaratan hukum yang memastikan tingkat keamanan fisik serta siber tertinggi untuk kepemilikan Bitcoin di negara tersebut.

Undang-undang tersebut juga bertujuan untuk menegaskan hak asuh mandiri para pemegang Bitcoin swasta dengan menekankan bahwa cadangan Bitcoin strategis tidak boleh melanggar kebebasan finansial individu.

RUU ini akan didanai dengan mendiversifikasi dana yang ada di dalam Sistem Federal Reserve dan Departemen Keuangan, kata pernyataan itu.

"Amerika Serikat saat ini memelihara cadangan strategis dalam aset keras tertentu yang penting bagi keamanan nasional dan kemandirian Amerika seperti emas dan minyak bumi," kata Lummis.

Dia menambahkan membentuk cadangan strategis Bitcoin untuk mendukung dolar AS dengan aset digital keras akan mengamankan posisi negara kita sebagai pemimpin keuangan global selama beberapa dekade mendatang," katanya.

"Cadangan strategis Bitcoin ini diharuskan untuk menyimpan Bitcoin tersebut selama 20 tahun, satu-satunya hal yang bisa digunakan untuk membayar selama periode tersebut adalah membayar utang nasional negara kita," tambahnya.

Lummis menjabat di Komite Senat untuk Perbankan, Perumahan, & Pembangunan Perkotaan; Komite Senat untuk Perdagangan, Sains, & Transportasi; dan Komite Senat untuk Lingkungan & Pekerjaan Umum, menurut situs webnya.

Dia fokus pada isu-isu terkait tanah, energi, sumber daya alam, dan keuangan serta teknologi seperti Bitcoin dan aset digital.

Sumber : Anadolu-OANA



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Senator AS akan kenalkan RUU pembelian 1 juta unit Bitcoin

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024