Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, akan memberi penghargaan kepada Kepala Desa yang mampu mendorong keberhasilan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal itu diungkap Wakil Bupati Roni Imran, Selasa, pasca memboyong 123 Kepala Desa dari 11 kecamatan melakukan studi banding pengelolaan Bumdes di tiga desa, diantaranya Desa Cibodas Kabupaten Bandung Barat.

Roni mengatakan, peran Kepala Desa terhadap dibentuknya Bumdes sangat besar, mengingat aparatur di garda terdepan ini dituntut melahirkan inovasi- inovasi terhadap pengelolaan potensi wilayahnya.

Yang akan bermuara pada tingginya kegiatan sosial yang dilakoni masyarakat di desa itu sendiri, serta pertumbuhan ekonomi yang baik untuk mendukung kesejahteraan rakyat.

Ia optimistis, seluruh Kepala Desa mampu menyerap ilmu-ilmu manajemen pengelolaan Bumdes dari Kabupaten Bandung Barat, untuk diterapkan di daerah masing-masing.

"Kepala Desa yang sukses mendorong terbentuknya Bumdes yang produktif dan mampu menyerap tenaga kerja di desanya, akan diberi "reward" atau penghargaan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Bumdes kata Roni, diyakini mampu menjadi kekuatan ekonomi yang kuat di setiap desa.

Meski keberadaannya tidak sekedar berorientasi pada pendapatan saja, namun Bumdes harus memberi kontribusi pendapatan untuk desa dalam rangka membangun desa yang kuat dari segi infrastruktur juga kemandirian ekonomi masyarakat melalui program-program ekonomi kerakyatan yang dilaksanakan.

Bumdes pun kata Roni, harus memutus ketergantungan masyarakat khususnya petani dari para tengkulak yang selama ini membuat petani di daerah ini sulit menikmati hasil pasca panen.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-Pemdes) Gorontalo Utara, Abdullah Bakary mengatakan, sudah terbentuk 123 Bumdes tersebar di 11 kecamatan.

Beberapa diantaranya, seperti Bumdes Desa Molingkapoto sudah beroperasi sejak tahun 2015 dengan beberapa kegiatan usaha yang dilakoni masyarakat, seperti jasa peminjaman tenda.

Penyertaan modal untuk Bumdes melalui dana desa, diharapkan mampu terkelola dengan baik, makanya para Kepala Desa diajak melihat langsung pengelolaan Bumdes di desa-desa sukses di Kabupaten Bandung Barat, agar dapat diimplementasikan di Gorontalo Utara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016