Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Gorontalo akan menyiapkan sejumlah armada bus, dalam menghadapi arus mudik maupun balik idul fitri 1437 Hijriah, di terminal 42 Andalas.

Kepala Dishub Kota Gorontalo Abubakar Luwiti, Sabtu, mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya bersama instansi terkait dan tentunya melibatkan pengelola perusahaan otobus (PO) akan melaksanakan rapat untuk mempersiapkan arus mudik dan balik selama ramadan dan lebaran idul fitri.

"Kami akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam menghadapi arus mudik dan balik selama ramadan dan idul fitri," Kata Luwiti, namun tidak memerinci berapa jumlah armada yang akan disiapkan.

Dia menjelaskan, pihaknya juga sudah meminta kepada pengelola PO maupun taksi ataupun rental, untuk mempersiapkan armada yang memang benar-benar layak digunakan dalam arus mudik dan balik selama ramadan.

Begitu juga terhadap sopir ataupun kondektur bus, harus disiapkan baik fisik maupun mentalnya, oleh pengelola PO serta dokumen dan kondisi fisik dari armada bus yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang.

"Pengemudi harus memperhatikan keselamatan penumpang, jangan hanya mengejar target dan kondisi armada tidak diperhatikan lagi," kata Luwiti.

Dia menambahkan, untuk menghadapi arus mudik dan balik selama ramadan dan menjelang serta sesudah lebaran nanti, jumlah personil yang akan ditugaskan di masing-masing terminal baik untuk armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) serta Antar Kota Dalam Provinsi.

"Kami akan menambah personil yang akan bertugas di setiap terminal bus di Kota Gorontalo, termasuk akan melakukan uji kelayakan," kata Luwiti.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016