Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar sosialisasi kepada pemilih pemula untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo di Desa Bongomeme, Kecamatan Dungaliyo.

Anggota KPU Kabupaten Gorontalo Sowan Dehi di Gorontalo, Selasa mengatakan bahwa sosialisasi itu merupakan bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024.

"Ini sudah kali keenam kami melaksanakan kegiatan serupa, dan kami terus berupaya agar para pemilih pemula memahami pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan," ujar Sowan.

Sowan mengatakan bahwa kegiatan tersebut difokuskan pada pemahaman tahapan-tahapan pilkada, terutama bagi pemilih pemula atau pemilih baru yang akan memberikan suara untuk pertama kalinya.

Hal tersebut dianggap penting agar mereka tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga memiliki kesadaran akan hak dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara.

Kegiatan sosialisasi itu kata Sowan disambut antusias oleh para pemuda di Dungaliyo, yang berharap dapat lebih memahami proses pemilihan dan berkontribusi secara aktif dalam Pilkada 2024.

Dengan pelaksanaan sosialisasi seperti itu, KPU Kabupaten Gorontalo berharap partisipasi pemilih pemula dapat meningkat, serta tercipta pemilu yang lebih inklusif dan partisipatif di masa mendatang.

Narasumber pada kegiatan itu adalah Dikson T. Yasin dengan materi pendidikan pemilih pemula dengan menghadirkan karang taruna serta panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024