Taipei, (ANTARA/CNA/AFP) - Sutradara film seni perang Hong Kong terkenal Wong Kar-wai dengan filmnya "The Grandmaster" memimpin nominasi di ajang tahunan Taiwan  Golden Horse Awards, yang dipandang sebagai "Oscar" versi China, kata penyelenggara Rabu.

"The Grandmaster", diperkenalkan sebagai sebuah drama epik terinspirasi oleh kehidupan Yip Man, mentor legendaris bintang kungfu Bruce Lee, mencetak 11 nominasi, termasuk film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik dan aktris terbaik.

Wong, yang telah memiliki lima nominasi sutradara terbaik sebelumnya, memenangkan penghargaan untuk drama "Days of Being Wild" pada tahun 1991. Dia sangat terkenal dalam film roman terbaiknya pada 1994 "Chungking Express" dan periode drama serius "In the Mood for Love" pada tahun 2000.

Pemenang penghargaan sutradara Hong Kong Johnnie To,  Jia Zhangke China kelahiran Malaysia yang berbasis di Taiwan, sutradara Tsai Ming-liang yang berbasis di Taiwan juga akan bersaing untuk memperebutkan gelar sutradara terbaik.

Film laga To "Drug War"  dinominasikan untuk film terbaik bersama dengan film Jia "A Touch of Sin",  "Stray Dogs" garapan Tsai dan sutradara Singapura Anthony Chen "Ilo Ilo".

Aktor Hong Kong Tony Leung Chiu-wai, yang memainkan eponymous "The Grandmaster", bersaing untuk memperebutkan aktor terbaik bersama aktor Hong Kong Nick Cheung ("Unbeatable") dan Tony Leung Ka-fai ("Cold War") serta aktor China Wang Yu ("Soul") dan aktor Taiwan Lee Kang-sheng ("Stray Dogs").

Bintang China Zhang Ziyi, yang  berlawan main dengan Tony Leung dalam "The Grandmaster", akan menghadapi aktris Taiwan Shu Qi ("Journey to the West: Conquering the Demons") dan Gwei Lun-mei ("Christmas Rose") di samping aktris-penyanyi Hong Kong  Sammi Cheng ("Blind Detektif") untuk penghargaan aktris terbaik.

"A Touch of Sin", sebuah drama sosial China berdasarkan empat kisah nyata, dan drama keluarga Singapura "Ilo Ilo" menggambarkan hubungan anak dengan pembantu Filipinanya, keduanya menerima enam nominasi.

The Golden Horse Awards ditata pada Academy Awards AS tetapi diputuskan oleh juri sepanjang garis festival film Cannes. Juri tahun ini termasuk sutradara Amerika-Taiwan pemenang Oscar Ang Lee.

Pemenang untuk penghargaan tahunan ke-50 akan diumumkan pada 23 November dalam sebuah upacara meriah di Taipei.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013