Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo siap mengedukasi masyarakat mengenai virus cacar monyet atau Mpox.

"Masyarakat juga akan kita edukasi, dalam rangka pencegahan cacar monyet ini, jangan sampe tertular oleh itu, sehingga mereka dapat memahami pencegahannya," kata Nelson di Gorontalo, Rabu.

Menurut Bupati dua periode itu, Pemkab Gorontalo sudah memiliki pengalaman mengenai pencegahan dan kesiapsiagaan pada saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

"Saya kira kita sudah punya pengalaman yang banyak, terutama COVID-19 itu bisa sukses kita mengatasinya," ungkap Nelson.

Ia menjelaskan, setiap masalah harus dikoordinasikan, dan untuk pencegahan virus Mpox agar tidak masuk ke Gorontalo, Nelson bersyukur Balai Kekarantinaan Kesehatan Gorontalo dan pemerintah daerah sudah melakukan langkah dan upaya.

"Oleh karena itu saya menyambut gembira apa yang dilakukan ini dalam rangka mengatasi cacar monyet ini yang bisa masuk ke Gorontalo," katanya.

Sebelumnya, Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas 1 Gorontalo meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan masuknya cacar monyet atau Mpox di setiap pintu masuk Provinsi Gorontalo.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu memasang alat pemindaian suhu tubuh dengan menggunakan thermal scanner kepada para penumpang pesawat yang tiba di Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo.

Hingga saat ini Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah yang masih nol kasus Mpox di Indonesia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024