Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo terus berupaya mempermudah pelayanan kepada warganya yang mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bone Bolango Oktavianus S.W Rahman di Gorontalo Selasa mengatakan, selain di kantor, pihaknya juga melaksanakan sistem jemput bola, yaitu melakukan perekaman KTP el langsung ke desa-desa yang ada di wilayah Bone Bolango.

"Kali ini kita melaksanakan pelayanan yang dipusatkan di salah satu rumah warga di Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila," kata Oktavianus.

Ia menjelaskan, pelayanan tersebut dikhususkan kepada masyarakat yang sudah berumur 17 tahun ke atas pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, atau pemilih pemula berumur 17 tahun yang sudah harus melakukan perekaman biometrik KTP el.

Pelayanan dengan cara ini dianggap lebih maksimal karena mampu memudahkan masyarakat yang memerlukan pelayanan kelengkapan kependudukan di Disdukcapil.

Khusus di Desa Toto Utara sendiri, tercatat ada 21 orang warga yang datang melakukan perekaman KTP el yang kemudian langsung dicetak saat itu juga.

Dalam beberapa pekan terakhir, katanya, sebagian besar warga yang melakukan perekaman KTP el adalah kaum milenial, atau yang tergolong dalam pemilih pemula.

Pelayanan juga dibuka bagi warga yang mengalami kerusakan pada KTP el, pindah domisili, merubah status perkawinan, pembuatan dan perbaikan kartu keluarga, hingga yang KTP el-nya hilang atau tercecer.

"Inilah upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih menjelang Pilkada 2024, kami harus memastikan bahwa semua warga yang wajib pilih, telah memiliki KTP el," katanya.

Tentunya, katanya lagi, hal ini juga menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024