PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll, hingga Agustus 2024 dana payroll kelolaan BSI mencapai Rp21 triliun dengan lebih dari 1,2 juta nasabah.

"Saat ini payroll BSI masuk dalam tiga bank penyalur gaji ASN/TNI/Polri terbesar di Indonesia," kata Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna, di Jakarta, Kamis.

BSI juga terus membangun ekosistem kerja sama payroll dengan lebih dari 60 kementerian atau sekitar 342 ribu ASN/PNS di seluruh Indonesia atau sekitar 4.900 satuan kerja dan lebih dari 134 ribu pensiunan Taspen dan ASABRI.

Hingga Agustus 2024, BSI telah mengelola dana payroll ASN sekitar Rp1,1 triliun per bulan. Pertumbuhan jumlah nasabah payroll BSI di kementerian meningkat 22,48 persen year to date.

Peningkatan ini juga didukung dengan adanya peraturan pemerintah melalui Kementerian Keuangan No. 11/PMK.05/2016 tentang penyaluran gaji pegawai negeri sipil bahwa jika memiliki lebih dari satu bank mitra penyalur gaji payroll, maka salah satunya adalah wajib melalui bank syariah.

"Kerja sama payroll menjadi salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem syariah di lingkungan pegawai kementerian. Artinya, selain memberikan experience bagi ASN dalam bertransaksi syariah, melalui payroll ini juga menjadi gate awal untuk membuka kesempatan pembiayaan dan transaksi lainnya," ujar Anton.

Saat ini, BSI juga menjadi bank operasional yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penyaluran dana proyek-proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), salah satunya mitra dari Kementerian Perhubungan khususnya proyek yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Pada hari ini, BSI memperkuat kerja sama bisnis dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam penandatanganan kerja sama payroll yang harapannya dapat melayani lebih dari 2.100 pegawai ASN di lingkungan satuan kerja tersebut.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal menyambut baik kerja sama itu dan berharap tidak berhenti sampai payroll saja, namun besar harapan agar BSI dapat mendukung perkembangan perkeretaapian di Indonesia melalui dukungan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur di masa yang akan datang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSI mengelola dana payroll Rp21 triliun hingga Agustus 2024

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024