Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome menekankan pentingnya pembangunan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya lebih mampu beradaptasi dengan segala perubahan, terutama perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Pengembangan ini harus dikejar, tidak hanya melalui pelatihan di tepat kerja, tetapi juga melalui struktural formal," ucap Haris Tome.

Ia menjelaskan, ASN dituntut merespon segala perubahan dengan cepat dan aktif, harus mampu menganalisis setiap inovasi yang muncul, agar selaras dengan perkembangan zaman.

"Pola pikir adaptif harus dibentuk agar ASN siap menghadapi tantangan modern," ujar dia.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya manusia (BKPSDM) Jufri Damima, menjelaskan pihaknya menggelar rapat koordinasi yang bertujuan untuk memetakan kebutuhan kompetensi ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gorontalo.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan bahwa pengembangan kompetensi ASN dapat diarahkan dengan tepat. Baik melalui teknis maupun pendidikan formal," ucap Jufri.

Rapat koordinasi itu diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan meningkatan profesionalisme ASN dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan dirangkaikan dengan sosialisasi program studi dari Universitas Gorontalo (UG). 

"Hal itu bertujuan memberikan pilihan pendidikan formal bagi ASN yang ingi meningkatkan kapasitas mereka," pungkas dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024