Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan pihaknya fokus pada pengembangan pariwisata di daerah, karena itu salah satu sumber pendapatan yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Khusus sektor pariwisata di Kabupaten Bone Bolango cukup banyak serta bisa diunggulkan, kemudian variatif dan mudah dijangkau," kata bupati saat menerima Asosiasi Perusahan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Rabu.

Hanya saja dalam mengembangkan pariwisata di daerah itu, pemerintah kabupaten tidak akan bekerja sendiri tanpa dukungan semua pemangku kepentingan (stakeholder).

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Aznan Nadjamudin, bupati mengatakan peran serta semua pihak baik pemerintah, masyarakat hingga pihak swasta sangat penting dalam pengembangan pariwisata di Bone Bolango.

Bupati pun memberikan respon untuk memperbaiki infrastrukutur pariwisata di Bone Bolango, yang tentunya tak lepas dari masukan para penggiat pariwisata.

"Kabupaten Bone Bolango memiliki banyak unggulan karena memang banyak sumber daya, kemudian berdekatan langsung dengan ibukota provinsi, yakni Kota Gorontalo," jelasnya.

Sekarang di daerah itu punya objek wisata baru yang disebut "While Shark park" atau taman dari sejumlah hiu paus di perairan Botubarani, yang setiap hari banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik.

Kemudian tidak kalah lagi ada keindahan taman laut Olele yang terus dipromosikan hingga ke mancanegara karena terdapat ribuan aneka ragam hayati laut.

"Dalam mengangkat pariwisata di Kabupaten Bone Bolango banyak hal yang menjadi perhatian untuk lebih
menambah daya tariknya. Salah satu pembangunan dermaga Olele," jelasnya.

Bupati sangat optimistis pariwisata bisa menjadi sumber pendapatan rakyat Bone Bolango, dengan memanfaatkan kunjungan wisatawan bisa menjual semua kerajinan tangan, kuliner dan sebagainya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016