KPU Kabupaten Gorontalo menggelar sosialisasi serentak di 19 kecamatan se-Kabupaten Gorontalo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Anggota KPU Kabupaten Gorontalo Sowan Dehi yang menjabat sebagai Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas dan SDM) mengatakan bahwa sosialisasi itu difokuskan untuk memberikan informasi terkait tahapan Pilkada 2024 kepada masyarakat luas. 

"Kami ingin masyarakat memahami pentingnya tahapan-tahapan pilkada, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk berpartisipasi," ujar Sowan Dehi.

Dalam sosialisasi itu, masyarakat juga didorong untuk menyebarkan informasi yang diterima kepada sesama warga, sehingga semakin banyak orang yang teredukasi. 

"Harapannya, kegiatan ini dapat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat, terutama di daerah-daerah dengan tingkat partisipasi pemilih yang masih rendah," kata dia.

Sowan menjelaskan bahwa sosialisasi itu mencakup berbagai segmen pemilih, seperti pemilih dengan partisipasi rendah, pemilih pemula, pendidikan, dan disabilitas. KPU Kabupaten Gorontalo berupaya agar semua lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam pesta demokrasi dengan memahami hak dan kewajibannya sebagai pemilih.

Dengan upaya masif yang dilakukan KPU Kabupaten Gorontalo di seluruh kecamatan, diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 akan meningkat signifikan, sehingga menghasilkan pemilu yang lebih representatif dan berkualitas.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024