Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpahnya, oleh Ketua Pengadilan Negeri Gorontalo Ifa Sudewi, Senin.
Pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo itu dilaksanakan melalui Rapat Paripurna DPRD ke-5, di ruang sidang DPRD setempat, di Gorontalo.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.2.1.4-4318 dan Nomor: 1002.1.4-4349 Tahun 2024 tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo masa jabatan 2024 - 2029.
 
Empat pimpinan DPRD yang dilantik dan diambil sumpahnya, yaitu Ketua DPRD Gorontalo Idrus M. Thomas Mopili dari Partai Golkar, Wakil Ketua I DPRD Ridwan Monoarfa dari Partai Nasdem, Wakil Ketua II DPRD La Ode Haimudin dari PDIP dan Wakil Ketua III DPRD Sulyanto Pateda dari Partai Gerindra.
 
"Hari ini merupakan momentum yang istimewa karena secara formal dan konstitusional, kami telah resmi dan sah menjadi pimpinan di lembaga yang terhormat ini. Ini kebanggaan tersendiri bagi kami, yang telah memperoleh kepercayaan dan kehormatan untuk memimpin DPRD Provinsi Gorontalo selama lima tahun ke depan," kata Idrus Thomas Mopili selaku Ketua DPRD terpilih dalam sambutannya.
 
Ia mengatakan agenda pembentukan alat kelengkapan DPRD Gorontalo, yaitu komisi-komisi, badan anggaran, badan musyawarah, badan pembentukan peraturan daerah dan badan kehormatan, sesegera mungkin akan dilaksanakan.

Pada rapat paripurna istimewa tersebut dihadiri oleh berbagai elemen, antara lain Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Gorontalo, pimpinan lembaga swasta, serta 44 anggota DPRD terpilih periode 2024 - 2029.
Pelantikan dan pengambilan sumpah empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo masa jabatan 2024 - 2029 oleh Ketua Pengadilan Negeri Gorontalo Ifa Sudewi dalam  Rapat Paripurna DPRD ke-5, di ruang sidang DPRD setempat, di Gorontalo, Senin (28/10/2024). ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024