Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Menteri Pertanian (Menpan) RI Amran Sulaiman panen raya jagung di Desa Ayumolingo dan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok petani di daerah tersebut, Kamis.

"Saya senang sekali bisa ke Gorontalo, pada tahun 2014 hanya tersedia 124.000 hektare yang menghasilkan 500.000 ton jagung saat ini meningkat drastis," kata Amran.

Ia menjelaskan, sekarang produksi jagung 1,2 juta ton dari 200.000 hektare jagung, dan Menteri Amran mengatakan tahun depan akan ditambah.

"Kalau bisa, tahun depan harus tambah menjadi 400.000 hektare," kata Mentan saat berdialog langsung dengan petani di Desa Ayumolingo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di tempat yang sama mengatakan, Kabupaten Gorontalo merasa bangga atas kedatangan Menteri Pertanian dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untuk melaksanakan panen raya jagung kita di Kabupaten Gorontalo.

"Saya ingin melaporkan bahwa jumlah lahan di Kabupaten Gorontalo khusus untuk tanaman jagung tahun ini kurang lebih 30 ribu hektare, yang mestinya bisa sampai 100 ribu hektare bisa kita tanam," kata Bupati.

Menurut dia, saat ini terkendala pada stok bibit yang masih terbatas, oleh karena itu Ia berharap melalui pimpinan Menteri Amran, kapasitas tersebut bisa ditingkatkan.

"Kemudian kami Kabupaten Gorontalo ingin menunjang kedaulatan pangan yang menjadi harapan pemerintah pusat baik pangan nabati maupun pangan hewani," jelas Nelson.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menjelaskan, yang menjadi persoalan tiap panen raya jagung adalah harga, di mana kalau tidak musim panen harga jagung Rp3.500 sampai Rp3.700 tapi begitu musim panen harganya langsung anjlok.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016