Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Jumlah hewan kurban untuk kebutuhan pemotongan di hari raya Idul Adha 1437 hijriyah tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mencapai 511 ekor.

Kepala Sub Bagian Keagamaan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Daerah setempat, Olvin Uno di Gorontalo, Sabtu mengatakan data tersebut sesuai laporan pemerintah kecamatan dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Ke-37 ekor dikumpulkan dari seluruh SKPD, 103 ekor tersebar di Kecamatan Kwandang yang ada di pusat ibu kota kabupaten, 55 ekor di Kecamatan Atinggola.

Adapun 25 ekor di Kecamatan Gentuma Raya, 40 ekor di Kecamatan Sumalata, 45 ekor di Kecamatan Sumalata Timur, 5 ekor di Kecamatan Ponelo Kepulauan, 23 ekor di Kecamatan Monano, 35 ekor di Kecamatan Anggrek, 30 ekor Kecamatan Biau dan 48 ekor di Kecamatan Tolinggula.

Sedangkan di Kecamatan Tomilito sebanyak 39 ekor, ditambah 3 ekor sumbangan dari pihak swasta dan 22 ekor dari instansi vertikal di daerah ini.

Hewan kurban di daerah ini kata Olvin, seluruhnya terpantau dengan baik sebab pihaknya bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, melakukan pemeriksaan ternak sapi maupun kambing yang akan disembelih secara langsung, termasuk pengambilan sampel darah untuk memastikan ternak dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi.

Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Roni Imran sendiri kata Olvin, direncanakan akan menyerahkan hewan sapi kurban di masjid Agung Baiturrahim Moluo Kwandang, usai melaksanakan sholat Idul Adha.

Kemungkinan kata ia, jumlah hewan kurban masih akan bertambah seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya, mengingat waktu penyembelihan akan berlangsung hingga H+3 hari raya Idul Adha.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha di daerah ini, akan terpusat di masjid Agung Baiturrahim Moluo di Kecamatan Kwandang, serta halaman kantor bupati setempat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016