Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak Sembilan kapal layar "yacht" dari lima negara yang mengikuti Sail To Indonesia, berlabuh di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Frits Ano di Gorontalo, Minggu, mengatakan para peserta "rally yacht" tersebut berangkat dari Pelabuhan Kinabalu di Malaysia, kemudian tiba di perairan utara Gorontalo tepat pukul 10.00 Wita.

Sembilan kapal ini berasal dari Kanada, Amerika, New Zealand, Australia dan Inggris.

Pihaknya sendiri kata Frits, sudah lama mempersiapkan penyambutan peserta rally yacht yang memang sudah dipastikan singgah di Pulau Saronde.

Penyambutan secara adat di antaranya menampilkan tarian saronde khas Gorontalo Utara, pun dilakukan seperti tahun 2015 lalu. "Ini tahun kedua para peserta rally yacht singgah di Pulau Saronde, sehingga atraksi kebudayaan termasuk memperkenalkan kuliner Gorontalo sangat diprioritaskan" ujarnya.

Pimpinan rombongan rally yacht, Jason dari New Zealand mengatakan, mereka sangat kagum dengan keindahan Pulau Saronde, sehingga berencana akan tinggal lebih lama.

"Pulau ini sangat indah, makanya kami memutuskan akan berada di pulau ini selama lima hari sambil menunggu kapal-kapal lainnya," ujar Jason.

Ia mengaku tak menyangka penyambutan pemerintah daerah setempat sangat luar biasa, sehingga para peserta rally yacht bersepakat tinggal lebih lama di pulau ini kemudian akan melanjutkan perjalanan ke titik singgah berikutnya.

Tidak hanya akan menikmati keindahan Pulau Saronde, rencananya para wisatawan asing tersebut akan mengunjungi beberapa objek wisata di darat, termasuk akan menyaksikan prosesi pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha 1437 Hijriah yang dipusatkan di Mesjid Agung Baiturrahim, Moluo. *

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016