Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gabungan Organisasi wanita (GOW) dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB) Kabupaten Gorontalo berkomitmen meningkatkan ketahanan keluarga melalui kader tribina.

Kader tribina yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), kata Ketua GOW Fory Naway di Gorontalo, Kamis.

"Melalui para kader tribina (BKB,BKR,BKL) PPKBD, peran perempuan sebagai ibu dalam keluarga, idealnya menjadikan dirinya teladan yang bisa dicontoh anak dalam segala hal yang dilakukannya di dalam urusan rumah tangga," ucapnya.

Menurut Fory yang juga ketua PKK kabupaten Gorontalo, sejatinya peran wanita dalam keluarga sangatlah dibutuhkan.

Peran wanita secara kodrati mampu mengandung dan melahirkan anak, wanita juga wajib memberikan peran dalam kerja secara ikhlas dan tulus merawat, mengasuh dan mendidik anak hingga menjadi orang berguna dan mandiri, jelasnya.

Peran dari wanita juga adalah memberikan rasa cinta dan kasih sayang, peran tersebut menurut Fory senantiasa melindungi anak ketika dalam bahaya.

"Bahaya yang dimaksud adalah anak jangan sampai terjerumus pada pergaulan bebas dan penyakit sosial, seperti narkoba dan miras dan sebagainya, saat situasi inilah peran wanita yang sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Untuk itu Fory menegaskan melalui sosialisasi pembinaan kepada kader tribina, ketahanan keluarga, Fory Berharap sebaiknya perempuan atau wanita dalam sebuah keluarga menjadi teman bermain bagi anak.

"Sehingga penerapan delapan fungsi keluarga yang meliputi agama, lingkungan, cinta kasih, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya dan perlindungan akan terwujud," lanjut Fory Naway.

Sementara itu Kepala BPP-KB Kabupaten Gorontalo Dewi Masita Usman menambahkan, program kelompok tribina, PPKBD dan Sub PPKBD juga berguna meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa usia lanjut yang produktif, mandiri, dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat.

"Kepada kader Tribina, PPKBD dan Sub dapat berperan dalam kegiatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak," tutup Dewi Masita Usman.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016