Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Rumah Sakit (RS) MM Dunda Limboto belum menerima pasien pascabanjir yang melanda Kabupaten Gorontalo dan menggenangi sejumlah ruang perawatan dan pelayanan kesehatan, Kamis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir di Gorontalo mengatakan, kondisi rumah sakit saat ini belum memungkinkan untuk menerima pasien, baik rujukan dari Puskesmas ataupun rumah sakit lainnya.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak rumah sakit, untuk melakukan kegiatan bersih-bersih rumah sakit," katanya.

Selain itu, air PDAM juga masih belum bisa digunakan karena pasokan air terganggu akibat bencana banjir pada Selasa (25/10) lalu.

"Rencananya, pada Sabtu (29/10) nanti kami sudah menerima kembali pasien, tapi dengan catatan, air bersih dari PDAM sudah terpasang kembali," jelasnya.

Roni mengungkapkan, pada hari ini ada tujuh orang pasien rujukan dari Puskesmas yang harus dirawat, namun karena RS MM Dunda belum beroperasi, maka diteruskan ke RS Aloe Saboe Kota Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, akan segera mengfungsikan rumah sakit pascabanjir yang mengakibatkan belum beroperasinya pelayanan kesehatan.

"Mulai hari ini rumah sakit akan kita bersihkan, sehingga hari Sabtu (29/10) nanti sudah dapat beroperasi kembali dan pasien dapat kembali ke RS MM Dunda," jelas Bupati Nelson.

Bupati menambahkan, pihaknya juga berusaha memulihkan air bersih dari PDAM karena merupakan salah satu kebutuhan dasar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016