Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa perencanaan pembangunan di daerah harus dapat tercapai secara utuh.

"Kabupaten Gorontalo telah memiliki sasaran dan target yang harus dicapai secara utuh, yakni sebagaimana tercantum dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD)," jelas Bupati pada bimtek penyusunan dokumen indikator kinerja utama bagi para perencana ditingkat SKPD, yang digelar Bappeda Kabupaten Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan mewujudkan sasaran pembangunan daerah dengan langkah-langkah yang matang dan terarah.

"Tantangan kita adalah pengelola, makanya dengan kegiatan ini para perencana dibekali untuk mengembangkan kapasitas," ujar Bupati Nelson.

Dihadapan peserta Bupati menekankan pada dasarnya tujuan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, maka perencanaan SKPD diharapkan menjadi kompas atau pengarah pelaksanaan program pembangunan, sehingga bisa meminimalisir ketidakpastian program.

"Indikator perencanaan yang sukses harus dilandasi dengan kepercayaan diri agar dinamis. Bagaimana mempertimbangkan input, proses dan outputnya, serta outcomenya," tutup Bupati Nelson Pomalingo.

Bimtek penyusunan dokumen indikator kinerja utama tersebut, diikuti oleh seluruh perencana program dari tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah dan kecamatan se-Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016