Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terus memantau pemicu kenaikan inflasi di daerah ini.

Beberapa pemicu inflasi yang perlu diperhatikan yaitu harga beras yang naik turun, dan kondisi cuaca yang mempengaruhi ketersediaan stok bahan pokok, kata Asisten Administrasi Publik Gorontalo Utara Mohammad Enggowa usai memimpin rapat koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Gorontalo, Selasa.

Selain itu, pasokan elpiji ukuran tiga kilogram yang belakangan mengalami kelangkaan, dan ketersediaan bahan bakar minyak lain.

Ia mengatakan melalui rapat koordinasi Pemkab dengan TPID dan temu investor diharapkan dapat terus bekerja sama menjaga kenaikan inflasi di daerah ini, mengingat pertumbuhan ekonominya mampu mencapai 8.

Pemkab kata Enggowa, melakukan beberapa langkah untuk menjaga kestabilan harga pangan dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok yaitu memantau ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi, komunikasi yang efektif antar instansi terkait, memantau harga komoditas.

Kemudian menggelar pasar murah dan menjamin keamananan distribusi bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat serta konsisten dalam pengendalian dan pengawasan penggunaan BBM serta elpiji tiga kilogram.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016