Gorontalo, (Antara) - Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengingatkan kepada orang tua, untuk menjauhkan anak-anak dari pengaruh negatif yang dapat merusak moral, akibat teknologi yang terus berkembang saat ini.

"Era modernisasi terus berkembang, semua akses yang diinginkan melalui teknologi informasi bisa didapatkan dengan mudah. Untuk itu orang tua harus mengawasi anak memanfaatkan teknologi informasi seperti gadget dan sebagainya, sehingga tidak disalahgunakan," kata Bupati belum lama ini.

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi harus dilihat secara positif, dengan menjadikan sarana belajar bagi siapapun termasuk anak-anak sekolah.

"Sebagai generasi penerus, anak-anak harus kuat dalam menghadapi modernisasi seperti itu, agar tidak terjebak pada hal-hal yang merugikan," lanjutnya.

Lingkungan keluarga adalah wadah dalam pembentukan karekater pada pribadi anak. Untuk itu Bupati meminta agar orang-orang terdekat bisa mengawasi anak untuk tidak mengakses internet dengan gampang.

"Selain itu untuk perlu dihindari berbagai obat-obatan terlarang seperti narkoba, agar terus diberi edukasi agar anak bisa paham dengan bahanya," katanya.

Obat-obatan terlarang mengandung zat adiktif lainnya, bisa melunturkan rasa hormat pada guru dan orang tuanya sendiri jika anak-anak sudah kecanduan.

"Bahkan untuk para guru, saya minta agar bisa memperhatikan moral anak didiknya untuk terus dibentuk kearah lebih baik," pintanya.

Sehingga mereka bisa menjadi generasi terbaik bagi Kabupaten Pohuwato, dan menjadi calon memimpin daerah itu untuk masa mendatang. Karena geliat para guru diyakini mampu membendung hal-hal yang tidak dinginkan untuk dilakukan anak didiknya.

"Jika jasa para guru yang menjadikan anak didik mampu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dan mampu mencerdasakan bangsa," katanya lagi. 

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016