Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyerahkan dana tunai Rp180 juta dari alokasi APBN Kementerian Sosial untuk sembilan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Tabongo, Rabu.

"Saya berharap sokongan dana dari pemerintah bisa menggeliatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Gorontalo," kata Asisten I Setdakab Gorontalo, Ayuba Hida, sambil menyebutkan dana tersebut disalurkan melalui dinas sosial setempat di kantor Camat Tabongo.

Ia pun meminta para anggota kelompok agar solid dan transparan mengelola bantuan KUBE tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo, Safwan T. Bano menjelaskan, anggaran KUBE itu diperuntukkan bagi peserta Program Keluarga Harapan.

"Setiap kelompok mendapat bantuan Rp20 juta, dan sentuhan dana ini sebagai rangsangan usaha dan bertujuan mengangkat kualitas hidup masyarakat miskin di Kabupaten Gorontalo," ungkap Safwa.

Para penerima bantuan akan diarahkan dalam hal pengaturan dana yang baik, sehingga pembinaan usaha tersebut mencapai sasaran.

"Selain memfasilitasi bantuan usaha bagi PKH, Dinsos Kabupaten Gorontalo dalam waktu dekat akan segera menyerahkan dana kelompok usaha non PKH," ucapnya.

Dinas Sosial kabupaten Gorontalo juga telah mendaftar sepuluh kelompok lagi penerima bantuan (non PKH) yang akan menerima dana dari Kemensos tahun 2016 ini.

"Bantuan ini untuk berbagai jenis usaha, seperti kios pertanian dan usaha peternakan, kuliner, bahkan industri rumahan," tutup Safwan Bano.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016