Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo siap mengembangkan produksi gula aren dari industri kecil di daerah tersebut.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo, Fory Naway di Gorontalo mengatakan, gula aren dapat dijadikan berbagai macam bahan olahan kuliner.

"Kami meninjau kegiatan industri kecil yang bahan pembuatannya bisa dijadikan sebagai makanan kuliner," ucap Fory saat berada di lokasi pembuatan gula aren di Desa Potanga, Kecamatan Boliyohuto, Kamis.

Fory mengatakan, untuk mewujudkan suksesnya program Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Dekranasda Kabupaten membantu dalam penyediaan industri kecil.

"Kelompok pembuat gula aren akan kita berikan pembinaan dan pelatihan cara mengelola gula aren yang nantinya bisa kita promosikan menjadi salah satu ikon produk Gorontalo sebagai bahan dasar pembuatan berbagai olahan makanan," ucapnya.

Menurutnya, saat ini industri kecil pembuatan gula aren belum fokus pada daya saing pasar, oleh karena itu, Dekranasda siap memfasilitasi industri kecil tersebut.

"Kita akan berikan bantuan modal dan pelatihan, dan akan kita promosikan ke tingkat nasional," tutup Fory Naway.

Sementara itu, Rostin Dikum, salah seorang pembuat gula aren mengaku, dengan membuat gula aren, cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Sudah 26 tahun saya membuat gula aren, semoga kedepan, saya dapat meningkatkan produksi dan promosi usaha ini melalui Dekranasda," kata Rostin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016