Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo, Fadli Hasan selaku pembina Lembaga Penyuluh Swadaya (LPS) di daerah tersebut, menyerahkan kartu Kelompok Tani bersubsidi kepada kelompok tani.

Kartu tersebut diserahkan kepada kelompok tani di Desa Isimu Selatan, Kecamatan Tibawa, Senin, yang sebelumnya telah dikukuhkan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Selain menyerahkan kartu tersebut, Wakil Bupati Fadli Hasan juga mencanangkan gerakan Ayo Menanam di Pekarangan.

"Gerakan ini untuk mengajak warga agar bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya, supaya bisa ditanami tanaman yang nantinya akan memberikan penghasilan bagi mereka," ucapnya.

Ke depan, lanjutnya, akan dibuat satu konsep dimana hasil tanaman pekarangan ini bisa membantu masyarakat membayar Pajak Bumi Dan Bangunan, juga hal lain yang berkaitan dengan retribusi desa maupun kecamatan.

"Beberapa jenis tanaman yang akan disosialisasikan kepada warga masyarakat yang nantinya selain memberikan dampak yang asri bagi lingkungan, juga bisa menghasilkan dari segi ekonomi," tutur Wakil Bupati.

Sedangkan khusus buat para anggota LPS, Fadli berharap bisa memainkan peran penting khususnya dalam hal pemberdayaan para petani dan komunitas pedesaan lainnya untuk tumbuh dan berkembang.

"LPS harus mampu memberi pemahaman dan memberdayakan petani untuk membuat komitmen dan terus bergerak," tutup Fadli Hasan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017