Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati Gorontalo, Fadli Hasan meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk selalu mewaspadai berkembangnya berbagai isu radikalisme yang beredar di tengah masyarakat.

"Kita harus mewaspadai berbagai isu yang bisa memecah belah warga, seperti isu radikalisme, SARA serta isu lainnya yang memanfaatkan memontem tertentu yang akan diperingati," kata Fadli saat Rapat Kerja Kepala Unit Satpol PP Kecamatan di Aula Kantor Dinas Satpol PP Kabupaten Gorontalo, Selasa.

Ia menegaskan, Koordinasi serta komunikasi dengan pihak terkait harus terus dibangun demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Wakil Bupati mengatakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah yang bertugas membantu Pemerintah dalam memelihara ketentraman dan menyelenggarakan ketertiban umum, menegakkan peraturan daerah dan keputusan Kepala Daerah.

"Satpol PP memiliki fungsi strategis dalam menciptakan kondisi dan situasi yang kondusif, guna menunjang semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat melalui peningkatan ketentraman dan ketertiban umum," tutur Wakil Bupati.

Oleh karena itu, dengan peran yang sangat strategis tersebut, kata Wakil Bupati maka di kalangan anggota Satpol PP perlu adanya penguatan kapasitas, sekaligus peningakatan SDM yang dimiliki agar tugas dan fungsinya benar-benar berjalan maksimal.

"Jati diri dan kewibawaan Satpol PP harus benar-benar dijaga, agar semua tugas dan fungsi yang diemban bisa dilaksanakan dengan maksimal," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Gorontalo, Husain Ui menjelaskan, ke depan pihaknya akan mengikutsertakan anggotanya dalam berbagai diklat khusus agar kemampuan yang dimiliki oleh tiap anggota Satpol PP akan terus terasah dan meningkat seiring dengan banyaknya ancaman yang sewaktu-waktu terjadi.

"Hal ini direspon baik oleh pemerintah daerah dalam upaya peningkatan fungsi dan peran Satpol PP untuk Kabupaten Gorontalo yang lebih baik. Apalagi sesuai dengan OPD baru dimana Kasie Trantib di seluruh Kecamatan telah menjadi bagian penting dari jajaran Satpol PP," tutup Husain Ui.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017