Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, menggelar sosialisasi penerbitan uang rupiah emisi 2016 di Kota Gorontalo, Rabu.

Kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Suryono, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ciri, desain, latar belakang penerbitan uang baru tersebut.

"Pada kegiatan ini juga kami ingin meluruskan berbagai isu yang berkembang di masyarakat dan media sosial," katanya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut, mampu memberikan informasi yang benar dan berimbang agar isu yang berkembang tidak memberikan dampak negatif di bidang ekonomi ataupun sosial budaya.

Terkait isu gambar palu arit pada uang Rupiah baru, Suryono menegaskan bahwa isu tersebut tidaklah benar, karena gambar itu adalah Rectoverso atau gambar saling isi, sejauh ini Rectoverso adalah unsur pengaman yang sulit dipalsukan.

Isu lainnya yaitu warna uang Rupiah baru yang mirip mata uang Yuan, Suryono pun mengatakan hal tersebut tidak benar karena warna uang Rupiah sudah sesuai dengan standar Bank Sentral di seluruh dunia dan tidak dimiripkan dengan Yuan.

Kegiatan Sosialisasi tersebut diikuti oleh 300 orang dari unsur pemerintah, perbankan, kepolisian, akademisi, guru sekolah, mahasiswa, pondok pesanteren dan masyarakat umum.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017